Selasa, 04 Oktober 2011

Pembuatan SASAGUN BERKESAN
Bahan yang diperlukan :
  1. tepung beras 1 kg
  2. kelapa parut 2 butir
  3. gula merah 0,5 kg
Pencampur rasa :
  1. durian
  2. nenas
  3. kacang tanah
  4. pandan, dll (bisa dikreasikan tergantung selera)
Alat yang dibutuhkan :
  1. kompor (minyak tanah)
  2. periuk goreng
  3. sendok gongseng
  4. panci plastik/ember untuk mencampur adonan
  5. alat cetakan (bisa menggunakan cetakan es lilin, dll)
Proses pembuatan :
  1. campurkan kelapa parut dengan tepung beras dengan rata. Diamkan selama kurang lebih 1 jam agar kelapa parut meresap di tepung beras.
  2. setelah didiamkan kemudian gongseng adonan tersebut dengan api yg cukup besar dan merata.
  3. gongseng adonan dengan terus diaduk secara merata, kurang lebih selama 1,5 jam hingga adonan kering dan memerah. Kalau ada adonan yang menggumpal, ratakan sehingga semua masak/kering.Usahakan jangan sampai kelapa parut yang diadonan mutung/gosong. Diamkan adonan yang telah masak hingga dingin.
  4. sambil menunggu adonan dingin, cairkan gula merah hingga mengental campurkan sedikit garam dan saring agar bersih dari kotoran.
  5. sambil menunggu gula merah mengental, siapkan penambah rasa seperti nanas yang kita korek (nanas bisa juga menggunakan blender) atau gongseng kacang tanah dan ditumbuk (jangan terlalu halus)
  6. setelah gula merah mengental dan selagi cairan gula merah panas, campurkan dengan adonan tepung beras dan kelapa tersebut dengan rata, kalau perlu menggunakan tangan.
  7. sambil mencampurkan gula merah tersebut, masukkan penambah rasa (nenas/kacang/durian/dll)
  8. setelah tercampur dengan rata, lalu masukkan adonan tersebut kedalam cetakan (bisa menggunakan cetakan kue/es lilin) juga bisa menggunakan plastik seal yang telah dilubangi dengan berbagai ukuran . gulung/ ratakan plastik tersebut dengan botol agar merata dan memadat mengikuti bentuk plastik.
  9. kemudian dinginkan hingga sasagun mengeras.
  10. Sasagun siap dikonsumsi
  11. untuk anda yang ingin menjualnya buatlah merek dagang sasagun anda agar lebih mudah dikenal. Jangan lupa untuk membuat kreasi rasa dan bentuk sasagun agar lebih menarik konsumen.
  12. mudah bukan… SELAMAT MENCOBA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar